Tugas Softskill Komunikasi Bisnis "Proposal Usaha/Bisnis"
HIJAB MUSLIMAH
Disusun
oleh :
Kelompok
3
Nama
Kelompok :
1.
Desy Dwi Hariyanti (12214997)
2.
Eka Arumsih Putri (1D214000)
3.
Elia Samsir (13214494)
4.
Khansa Intan (15214855)
5.
Jimmy Andreas (15214667)
6.
Lala Rikhodatul Ais (15214970)
KELAS
4EA36
Mata
Kuliah : Softskill Komunikasi Bisnis
Dosen
:Vely Randyantini
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2017
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan
kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesehatan dan kemudahan bagi
penulis sehingga dapat menyelesaikan
tugas sosfkill dengan mata kuliah “Komunikasi Bisnis” tentang Hijab Collection.
Proposal ini dirancang sedemikian
rupa sehingga para wanita muslimah dapat mengerti dan memilih jenis-jenis hijab
yang trend di masa kini. Harapan penulis agar masyarakat dapat menerima produk
dari penulis dan tertarik untuk
membelinya.
Tiada gading yang tidak retak.
Penulis menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari kata sempurna baik dari
penulisan maupun isi. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran
dari pembaca agar proposal ini dapat lebih baik lagi.
Akhir kata penulis mengucapkan
terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung penyusunan proposal ini sebagaimana mestinya.
Bekasi, 19 November 2017
Tim Penyusun
DAFTAR ISI
Kata
Pengatar
BAB I Pendahuluan :
1.1.
Latar Belakang Usaha Hijab
.........................................................................................
1
1.2.
Profil Usaha Hijab
........................................................................................................ 2
1.3.
Visi dan Misi Usaha Hijab
............................................................................................
2
1.4.
Tujuan Usaha Hijab
......................................................................................................
2
BAB II Isi :
2.1
Detail Produk
...............................................................................................................
3
2.2
Struktur
Organisasi ......................................................................................................
4
2.3
Rencana Alokasi Usaha
...............................................................................................
4
2.4
Kegiatan Pelaksanan
....................................................................................................
4
2.5
Pangsa Pasar ................................................................................................................
4
2.6
Pesaing
.........................................................................................................................
5
2.7
Aspek
Keuangan ..........................................................................................................
6
BAB III Penutup :
3.1
Kesimpulan
...................................................................................................................
7
3.2
Saran
.............................................................................................................................
7
DAFTAR PUSTAKA
..............................................................................................................
8
LAMPIRAN
.............................................................................................................................
9
BAB I
Pendahuluan
1.1.
Latar
Belakang Usaha
Jilbab merupakan kata yang tidak
asing lagi ditelinga kita. Jilbab adalah kerudung wanita yang menutupi kepala
dan wajahnya apabila ia keluar untuk suatu keperluan. Banyak terdapat
model-model dan tipe jilbab disuguhkan kepada wanita muslimah untuk
mempercantik diri. Pada dasaranya jilbab berfungsi untuk menutup aurat wanita
agar terhindar dari hal-hal makisat. Terutama di Indonesia yang merupakan suatu
negara dimana rakyatnya mayoritas beragama atau memeluk agama islam. Hijab kini
bukan hanya sebagai identitas para wanita muslimah, tetapi sudah menjadi
karaketer bagi banyak wanita.
Kesadaran wanita muslimah untuk
menutup aurat semakin meningkat, sehingga dimasa sekarang banyak yang membuat
usaha hijab dengan berbagai macam motif dan ukuran. Dengan hijab, wanita akan
terlihat lebih cantik dan anggun. Apalagi apabila dilakukan dengan memodifikasi
jilbab yang digunakan dengan menjadi berbagai model dan diserasikan dengan
busana yang digunakan. Jika kita lihat sekarang ini sering kita jumpai
model-model baju, hijab/jilbab dan lain-lain yang didesain sedemikian rupa,
semakin trendi dan menarik mengikuti perkembangan zaman. Dengan desain-desain
atau model-model terbaru, banyak para wanita muslimah mengambil keputusan untuk
berhijab. Dengan begitu kita pun bisa saja memiliki peluang bisnis usaha
berjualan hijab dan sangat menguntungkan di tengah luasnya pasar.
Dengan melihat peluang pasar yang
begitu luas, potensi keuntungan yang tebal, dan peluang balik modal cepat,
membuat bisnis hijab sulit untuk diabaikan.Pelaku bisnis hijab mencoba meraih hati para hijabers agar
menjadi pelanggan. Kalau kita mampu
bersaing dengan pebisnis hijab yang lain maka kita akan mendapatkan keuntungan
secara pribadi karena toko hijab kita akan semakin banyak diminati oleh
masyarakat. Dan para pelanggan juga mendapat keuntungan karena mereka dapat
memakai hijab yang mereka inginkan dengan harga yang terjangkau. Hijab sekarang
sudah menjadi barang yang biasa digunakan wanita muslimah, bahkan tampilannya
yang modis membuat hijab banyak diminati wanita muslimah. Karena modis, maka
pemakaiannya pun juga cepat ganti-ganti. Dan setelah dilihat, peluang bisnis
hijab di Indonesia cukup menjanjikan karena sudah ada pasarnya.
Karena telah merebaknya kebudayaan
berkerudung dikalangan wanita mulai dari anak-anak sampai dewasa. Dan diantara
mereka terkadang merasa bosan dengan tatanan jilbab yang itu-itu saja.
Terkadang mereka merasa malu menggunakan berbagai pernak pernik jilbab dan
cenderung merasa tidak percaya diri. Tetapi apabila telah disediakan produk
jilbab dengan beraneka motif dan warna, serta dilengkapi dengan model maupun
cara pakai, pasti akan menarik perhatian para wanita. Bisnis hijab tidak bisa
dianggap remeh, sudah banyak contoh pebisnis hijab yang sukses karena fokus dan
tekun mendalami bisnis hijab ini. Dan ini menjadikan minat saya untuk membuka
dan mengembangkan usaha tersebut.
1.2. Profil Usaha Hijab
Nama Perusahaan : Hijab Muslimah
Bidang Usaha : Produk Barang
Jenis Produk : Hijab/Kerudung
Alamat Perusahaan : Jl. Ujung Harapan Gg. Karet Rt 001/019 Babelan. Bekasi
Nomor Telepon : 085645910349
1.3. Misi dan Visi Usaha Hijab
·
Visi usaha :
1.
Menciptakan produk hijab yang berkualitas.
2.
Menyediakan berbagai jenis jilbab (model, ukuran,
warna).
3.
Memberikan harga jual yang terjangkau oleh masyarakat.
4.
Memberi peluang dan prospek kedepan yang baik.
5.
Mampu menciptakan lapangan kerja baru.
·
Misi usaha:
1. Mengembangkan usaha hijab yang mampu menumbuhkan
keinginan muslimah untuk menutup aurat
dengan memakai hijab.
2.
Memberikan pelayanan yang terbaik.
3.
Menciptakan ide-ide, inovasi dan desain yang terbaru.
1.4. Tujuan Usaha Hijab :
1.
Mendapat keuntungan dalam usaha hijab ini.
2.
Menyediakan kebutuhan jilbab bagi umat muslim,
sehingga umat islam khususnya dapat menggunakan hijab sehari-hari.
3.
Membuat produk yang dapat menjadi gaya berpenampilan
modis bagi yang mengenakannya.
BAB II
ISI
2.1 Detail Produk
Jenis barang
yang dijual adalah salah satu jenis kebutuhan masyarakat yaitu jilbab. Jilbab
yang dijual dalam usaha ini adalah jilbab dengan berbagai merk, model, bahan,
ukuran, dan warna. Jenis-jenis jilbab yang akan dijual dalam usaha ini antara
lain:
1.
Jilbab paris polos : 7 lusin
2.
Jilbab paris bermotif :
6 lusin
3.
Jilbab pashmina
1)
Pashmina LV : 6 lusin
2)
Pashmina Burberry : 6 lusin
3)
Pashmina Selma Mandira : 6 lusin
4)
Pashmina Ima Katun : 6 lusin
5)
Pashmina Spandek : 6 lusin
6)
Pashmina Line Polkadot :
8 lusin
7)
Pashmina Kaila Lenisya : 6 Lusin
4.
Jilbab Bergo/instan
1)
Jilbab Ghilda Danef : 6 lusin
2)
Jilbab Hoodie Zaskia : 6 lusin
3)
Jilbab Arabian Hoodie :
6 lusin
4)
Jilbab Angelin : 6 lusin
Berikut
adalah beberapa gambar jilbab yang kami tawarkan:
2.2 Struktur
Organisasi
Stuktur Organisasi ini merupakan gambaran sekematis
tentang hubungan kerja sama yang ada di dalam organisasi untuk mencapai
sasaran. Stuktur Organisasi menggambarkan pembagian kerja, garis-garis
wewenang, pembatas tugas dan tanggung jawab dari unit-unit organisasi. Adapun
stuktur organisasi pada Hijab Muslimah, yaitu terdiri dari :
1. Pemilik
Pemilik usaha dari hijab ini adalah Hijab Muslimah.
2. Karyawan
Bisnis usaha Hijab Muslimah membutuhkan karyawan yang ahli dalam bidangnya yaitu penjualan dan
adminitrasi pada perusahaan ini membutuhkan 2 orang karyawan.
2.3
Rencana
Lokasi Usaha
Rencana lokasi operasional usaha
yang diharapkan akan ditempatkan di daerah yang dapat memenuhi syarat sebagai
berikut :
1. Lokasi
berada didekat pusat keramayan, misalnya diroku dan dimall.
2. Lokasi dekat
dengan hunian masyarakat.
2.4
Pelaksanaan Kegiatan
Usaha ini
mulai beroperasi mulai pukul 07.00 WIB sampai 20.00 WIB dan pada hari minggu
tidak libur. Jam operasi tersebut dipilih karena mulai jam tersebut masyarakat
yang telah beraktivitas, sehingga secara tidak langsung akan menambah
pengetahuan masyarakat luar yang berlalu-lalang disekitar tempat usaha.
Sedangkan waktu selesai operasi, yaitu pukul 20.00 WIB dipilih karena sampai
jam tersebut masih banyak orang-orang yang melakukan aktivitas diluar rumah,
sehingga membuka peluang untuk dapat menjual barang.
2.5 Pangsa Pasar
Sasaran atau
target kami adalah seluruh wanita muslim dari segala usia. Baik yang telah
berhijab maupun yang belum. Untuk itu kami memulai promosi dari daerah yang
mayoritas penduduknya beragama Islam. Karena kami menganggap promosi akan lebih
efektif jika terjadi dalam suatu kelompok.
Selain itu
kami merencanakankan untuk membuka toko di sebuah pusat perbelanjaan seperti
mall. Selain itu sasaran kami tetap yaitu semua wanita muslim, yang berkunjung
ke pusat perbelanjaan tersebut. Untuk itu, kami melakukan promosi di berbagai
media, seperti media internet. Selain itu kami juga berencana
membuat online shop untuk memasarkan produk yang kami jual, agar
mempermudah para konsumen yang ingin memiliki produk yang kami jual tanpa harus
berkunjung ke tempat usaha kami.
2.6
Analisis
SWOT Pada Hijab Muslimah
Untuk merumuskan strategi pemasaran
yang diperlukan Hijab Muslimah dalam rangkaian meningkatkan penjualan dan
mencapai tujuan yang dicapai, maka diperlukan adanya analisis SWOT untuk
menyusun strategi tersebut. Bedasarkan dari penelitian ini, maka analisis SWOT
disusun sebagai berikut :
1.
Analisis Kekuatan Perusahaan (Strenght)
a. Kami menawarkan suatu produk yang mengangkat nilai
keagamaan dan dipadukan dengan unsur keindahan.
b. Kami memiliki keterampilan untuk melakukan modifikasi
motif gambar hijab, dan keahlian memadupadankan jilbab dengan motif gambar
hijab.
c. Bahan baku pembuatan jilbab ini tersedia dengan macam
variasi warna dan model serta harga yang tidak terlalu mahal. Serta jenisnya
beraneka ragam sehingga dapat meningkatkan model dan variasi hijab
2.
Analisis Kelemahan Perusahaan (Weakness)
a.
Belum memiliki cukup pengalaman
b. Keterbatasan sumber daya manusia sebagai produsen atau
pengrajin hijab, sehingga dalam menjahit sebuah produk di perlukan keterampilan
khusus yang setiap orang tidak bisa melakukannya.
3.
Analisis Peluang Perusahaan (Opportunities)
a. Banyaknya wanita muslim yang menggunakan hijab. Dengan
adanya produk ini akan menambah minat wanita untuk menggunakan hijab.
b. Pemasaran bisa dibilang cukup mudah, karena kami
melakukan pemasaran melalui media social, lingkungan masyarakat maupun segi
akses jalan.
4.
Analisis Ancaman Perusahaan (Threats)
a. Terkadang wanita berjilbab memperhatikan penamilannnya
dan sibuk membuat mereka tampil apa adannya
b.
Banyaknya para pesaing hijab yang memiliki brand hijab
yang sudah terkenal dimasyarakat. Sehingga masyarakat akan lebih tertarik
dengan hijab yang sudah memiliki brand. Serta banyaknya usaha yang sama di luar
wilayah.
2.7
Aspek
Keuangan
1.
Biaya Peralatan dan Perlengkapan:
Peralatan dan Perlengkapan
|
Banyak
|
Satuan Harga
|
Jumlah Harga
|
·
Etalase
|
2 buah
|
1.000.000
|
2.000.000
|
·
Kepala Manekin
|
8 buah
|
45.000
|
360.000
|
·
Cermin
|
4 buah
|
30.000
|
120.000
|
·
Hanger Jilbab
|
3 lusin
|
10.000
|
360.000
|
·
Kursi Plastik
|
4 buah
|
30.000
|
120.000
|
·
Lampu
|
4 buah
|
27.000
|
108.000
|
·
Meja
|
2 buah
|
35.000
|
70.000
|
Total
Harga :
3.138.000
|
2. Beban Variabel/ bulan:
·
Sewa Tempat
|
500.000
|
·
Biaya transportasi
|
100.000
|
·
Biaya gaji pegawai
|
750.000 x
2 orang = 1.500.000
|
·
Biaya listrik
|
150.000
|
Total
|
2.250.000
|
3. Biaya Pembelian Produk per bulan:
Produk
|
Satuan Harga
|
Jumlah Harga
|
Segiempat
Polos
|
12.000 x 7 lusin
|
1.008.000
|
Segiempat
Bermotif
|
15.000 x 6 lusin
|
1.080.000
|
Pashmina
LV
|
30.000 x 6 lusin
|
2.160.000
|
Pashmina
Burberry
|
30.000 x 6 lusin
|
2.160.000
|
Pashmina
Selma Mandira
|
100.000 x 6 lusin
|
7.200.000
|
Pashmina
Ima Katun
|
35.000 x 6 lusin
|
2.520.000
|
Pasmina
Spandek
|
30.000 x 6 lusin
|
2.160.000
|
Pashmina
Line Polkadot
|
30.000 x 8 lusin
|
2.880.000
|
Pashmina
Kaila Lenisya
|
70.000 x 6 lusin
|
5.040.000
|
Jilbab
Ghilda Danef
|
60.000 x 6 lusin
|
4.320.000
|
Jilbab
Hodie Zaskia
|
50.000 x 6 lusin
|
3.600.000
|
Jilbab
Arabian Hodie
|
30.000 x 6 lusin
|
2.160.000
|
Jilbab
Angelin
|
50.000 x 6 lusin
|
3.600.000
|
Total
Harga
|
34.008.000
|
4. Produk yang terjual per bulan:
Produk
|
Banyak
|
Satuan Harga
|
Jumlah Harga
|
Segiempat Polos
|
80 buah
|
17.000
|
1.360.000
|
Segiempat Bermotif
|
70 buah
|
30.000
|
2.100.000
|
Pashmina LV
|
65 buah
|
40.000
|
2.600.000
|
Pashmina Burberry
|
65 buah
|
45.000
|
2.925.000
|
Pashmina Selma Mandira
|
68 buah
|
110.000
|
7.480.000
|
Pashmina Ima Katun
|
65 buah
|
45.000
|
2.925.000
|
Pasmina Spandek
|
68 buah
|
40.000
|
2.720.000
|
Pashmina Line Polkadot
|
90 buah
|
45.000
|
4.050.000
|
Pashmina Kaila Lenisya
|
67 buah
|
80.000
|
5.360.000
|
Jilbab Ghilda Danef
|
65 buah
|
70.000
|
4.550.000
|
Jilbab Hodie Zaskia
|
65 buah
|
60.000
|
3.900.000
|
Jilbab Arabian Hodie
|
70 buah
|
45.000
|
3.150.000
|
Jilbab Angelin
|
65 buah
|
60.000
|
3.900.000
|
Total Harga
|
47.020.000
|
Total Perhitungan
Keuntungan Per Bulan
·
Target
penjualan per bulan = Rp.
47.020.000
·
Modal per
bulan = Rp. 34.008.000
·
Beban
variabel per bulan = Rp.
2.250.000
·
Biaya
peralatan = Rp.
3.138.000
Kesimpulan
perhitungan keuntungan per bulan :
·
Modal
Perbulan = Rp. 34.008.000
·
Beban
variabel per bulan = Rp. 3.138.000
·
Beban Biaya
Peralatan = Rp. 2.250.000 -
·
Total Pengeluaran =
Rp. 28.620.000
Total keuntungan = Rp. 47.020.000 – Rp. 28.620.000 = Rp. 18.400.000
Jadi, total pendapatan saya dari penjualan hijab
adalah Rp. 18.400.000 /bulan.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari proposal usaha ini
dapat disimpulkan bahwa membuka usaha penjualan jilbab sangat menguntungkan bagi para
usaha yang bergerak dibidang pakaian khususnya jilbab. Peluang
membuka usaha jilbab dalam jangka waktu yang panjang sangatlah baik dan mudah
untuk dikembangkan. Usaha kami bertujuan untuk membantu para muslim untuk
menggunakan jilbab, karena sudah sepatutnya wanita muslim harus menggunakan
hijab yang dapat menutup bagian wanita selain itu usaha ini
dapat menjaring tenaga kerja untuk mengurangi tingkat pengangguran di
Indonesia.
3.2 Saran
Model jilbab yang terus berubah
dapat menyebabkan jilbab model sebelumnya menjadi kurang diminati oleh
masyarakat sehingga tingkat penjualannya pun menurun. Untuk itu dalam kegiatan
pembelian barang dagangan harus selalu mengikuti trend terkini sehingga tidak
akan terjadi penumpukan barang dagang yang belum terjual.
Agar
pelaksanaan suatu usaha dapat berjalan lancar, maka kami mempunyai beberapa
saran, yaitu:
1.
Percaya dan yakin bahwa
usaha bisa di laksanakan.
2. Pandai berkomunikasi.
3.
Mempunyai etos kerja yang
tinggi.
4.
Mau mendengarkan kritik
dan saran dari orang lain.
5.
Tidak mudah putus asa.
6.
Mampu menghasilkan produk
yang berkualitas.
7.
Mengutamakan kepuasan
pelanggan.
8.
Disiplin,bertanggung
jawab,kreatif dan inovatif.
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar