Tugas Softskill Komunikasi Bisnis "Proposal Usaha/Bisnis"



HIJAB MUSLIMAH


Disusun oleh :

Kelompok 3

Nama Kelompok :

1.      Desy Dwi Hariyanti                                       (12214997)     
2.      Eka Arumsih Putri                                        (1D214000)
3.      Elia Samsir                                                     (13214494)
4.      Khansa Intan                                                  (15214855)
5.      Jimmy Andreas                                              (15214667)
6.       Lala Rikhodatul Ais                                     (15214970)

           
KELAS 4EA36

Mata Kuliah : Softskill Komunikasi Bisnis

Dosen :Vely Randyantini


FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS GUNADARMA

2017    

KATA PENGANTAR


Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesehatan dan kemudahan bagi penulis  sehingga dapat menyelesaikan tugas sosfkill dengan mata kuliah “Komunikasi Bisnis”  tentang Hijab Collection. 

Proposal ini dirancang sedemikian rupa sehingga para wanita muslimah dapat mengerti dan memilih jenis-jenis hijab yang trend di masa kini. Harapan penulis agar masyarakat dapat menerima produk dari  penulis dan tertarik untuk membelinya.

Tiada gading yang tidak retak. Penulis menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari kata sempurna baik dari penulisan maupun isi. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca agar proposal ini dapat lebih baik lagi.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung  penyusunan proposal ini sebagaimana mestinya.








Bekasi, 19 November 2017



Tim Penyusun










DAFTAR ISI


Kata Pengatar

BAB I Pendahuluan   :
    1.1.      Latar Belakang Usaha Hijab ......................................................................................... 1
    1.2.      Profil Usaha Hijab ........................................................................................................  2
    1.3.      Visi dan Misi Usaha Hijab ............................................................................................ 2
    1.4.      Tujuan Usaha Hijab ...................................................................................................... 2

BAB II Isi                   :

     2.1          Detail Produk ............................................................................................................... 3
     2.2          Struktur Organisasi ...................................................................................................... 4
     2.3          Rencana Alokasi Usaha ............................................................................................... 4
     2.4          Kegiatan Pelaksanan .................................................................................................... 4
     2.5          Pangsa Pasar ................................................................................................................ 4
     2.6          Pesaing ......................................................................................................................... 5
     2.7          Aspek Keuangan .......................................................................................................... 6

BAB III Penutup        :

3.1         Kesimpulan ................................................................................................................... 7
3.2         Saran ............................................................................................................................. 7

DAFTAR PUSTAKA .............................................................................................................. 8

LAMPIRAN ............................................................................................................................. 9
















BAB I

Pendahuluan


1.1.      Latar Belakang Usaha

Jilbab merupakan kata yang tidak asing lagi ditelinga kita. Jilbab adalah kerudung wanita yang menutupi kepala dan wajahnya apabila ia keluar untuk suatu keperluan. Banyak terdapat model-model dan tipe jilbab disuguhkan kepada wanita muslimah untuk mempercantik diri. Pada dasaranya jilbab berfungsi untuk menutup aurat wanita agar terhindar dari hal-hal makisat. Terutama di Indonesia yang merupakan suatu negara dimana rakyatnya mayoritas beragama atau memeluk agama islam. Hijab kini bukan hanya sebagai identitas para wanita muslimah, tetapi sudah menjadi karaketer bagi banyak wanita.

Kesadaran wanita muslimah untuk menutup aurat semakin meningkat, sehingga dimasa sekarang banyak yang membuat usaha hijab dengan berbagai macam motif dan ukuran. Dengan hijab, wanita akan terlihat lebih cantik dan anggun. Apalagi apabila dilakukan dengan memodifikasi jilbab yang digunakan dengan menjadi berbagai model dan diserasikan dengan busana yang digunakan. Jika kita lihat sekarang ini sering kita jumpai model-model baju, hijab/jilbab dan lain-lain yang didesain sedemikian rupa, semakin trendi dan menarik mengikuti perkembangan zaman. Dengan desain-desain atau model-model terbaru, banyak para wanita muslimah mengambil keputusan untuk berhijab. Dengan begitu kita pun bisa saja memiliki peluang bisnis usaha berjualan hijab dan sangat menguntungkan di tengah luasnya pasar.

Dengan melihat peluang pasar yang begitu luas, potensi keuntungan yang tebal, dan peluang balik modal cepat, membuat bisnis hijab sulit untuk diabaikan.Pelaku bisnis  hijab mencoba meraih hati para hijabers agar menjadi pelanggan.  Kalau kita mampu bersaing dengan pebisnis hijab yang lain maka kita akan mendapatkan keuntungan secara pribadi karena toko hijab kita akan semakin banyak diminati oleh masyarakat. Dan para pelanggan juga mendapat keuntungan karena mereka dapat memakai hijab yang mereka inginkan dengan harga yang terjangkau. Hijab sekarang sudah menjadi barang yang biasa digunakan wanita muslimah, bahkan tampilannya yang modis membuat hijab banyak diminati wanita muslimah. Karena modis, maka pemakaiannya pun juga cepat ganti-ganti. Dan setelah dilihat, peluang bisnis hijab di Indonesia cukup menjanjikan karena sudah ada pasarnya. 

Karena telah merebaknya kebudayaan berkerudung dikalangan wanita mulai dari anak-anak sampai dewasa. Dan diantara mereka terkadang merasa bosan dengan tatanan jilbab yang itu-itu saja. Terkadang mereka merasa malu menggunakan berbagai pernak pernik jilbab dan cenderung merasa tidak percaya diri. Tetapi apabila telah disediakan produk jilbab dengan beraneka motif dan warna, serta dilengkapi dengan model maupun cara pakai, pasti akan menarik perhatian para wanita. Bisnis hijab tidak bisa dianggap remeh, sudah banyak contoh pebisnis hijab yang sukses karena fokus dan tekun mendalami bisnis hijab ini. Dan ini menjadikan minat saya untuk membuka dan mengembangkan usaha tersebut.

1.2.      Profil Usaha Hijab

Nama Perusahaan              : Hijab Muslimah

Bidang Usaha                    : Produk Barang

Jenis Produk                     : Hijab/Kerudung

Alamat Perusahaan           : Jl. Ujung
Harapan Gg. Karet Rt 001/019 Babelan. Bekasi

Nomor Telepon                 : 085645910349

1.3.      Misi dan Visi Usaha Hijab

·         Visi usaha :

1.      Menciptakan produk hijab yang berkualitas.

2.      Menyediakan berbagai jenis jilbab (model, ukuran, warna).

3.      Memberikan harga jual yang terjangkau oleh masyarakat.

4.      Memberi peluang dan prospek kedepan yang baik.

5.      Mampu menciptakan lapangan kerja baru.

·         Misi usaha:

1.  Mengembangkan usaha hijab yang mampu menumbuhkan keinginan muslimah untuk  menutup aurat dengan memakai hijab.

2.      Memberikan pelayanan yang  terbaik.

3.      Menciptakan ide-ide, inovasi  dan desain yang terbaru.

1.4.      Tujuan Usaha Hijab :

1.      Mendapat keuntungan dalam usaha hijab ini.

2.      Menyediakan kebutuhan jilbab bagi umat muslim, sehingga umat islam khususnya dapat menggunakan hijab sehari-hari.

3.      Membuat produk yang dapat menjadi gaya berpenampilan modis bagi yang mengenakannya.





BAB II

ISI

2.1       Detail Produk

Jenis barang yang dijual adalah salah satu jenis kebutuhan masyarakat yaitu jilbab. Jilbab yang dijual dalam usaha ini adalah jilbab dengan berbagai merk, model, bahan, ukuran, dan warna. Jenis-jenis jilbab yang akan dijual dalam usaha ini antara lain:

1.       Jilbab paris polos                               : 7 lusin

2.       Jilbab paris bermotif                          : 6 lusin

3.       Jilbab pashmina

1)       Pashmina LV                              : 6 lusin

2)       Pashmina Burberry                     : 6 lusin

3)       Pashmina Selma Mandira           : 6 lusin

4)       Pashmina Ima Katun                  : 6 lusin

5)       Pashmina Spandek                     : 6 lusin

6)       Pashmina Line Polkadot             : 8 lusin

7)       Pashmina Kaila Lenisya             : 6 Lusin

4.       Jilbab Bergo/instan

1)       Jilbab Ghilda Danef                   : 6 lusin

2)       Jilbab Hoodie Zaskia                  : 6 lusin

3)       Jilbab Arabian Hoodie               : 6 lusin

4)       Jilbab Angelin                             : 6 lusin

Berikut adalah beberapa gambar jilbab yang kami tawarkan:

         



2.2       Struktur Organisasi

Stuktur Organisasi ini merupakan gambaran sekematis tentang hubungan kerja sama yang ada di dalam organisasi untuk mencapai sasaran. Stuktur Organisasi menggambarkan pembagian kerja, garis-garis wewenang, pembatas tugas dan tanggung jawab dari unit-unit organisasi. Adapun stuktur organisasi pada Hijab Muslimah, yaitu terdiri dari :

1.    Pemilik

Pemilik usaha dari hijab ini adalah Hijab Muslimah.

2.    Karyawan

Bisnis usaha Hijab Muslimah membutuhkan karyawan yang ahli dalam bidangnya yaitu penjualan dan adminitrasi pada perusahaan ini membutuhkan 2 orang karyawan.

2.3       Rencana Lokasi Usaha

Rencana lokasi operasional usaha yang diharapkan akan ditempatkan di daerah yang dapat memenuhi syarat sebagai berikut :

1.      Lokasi berada didekat pusat keramayan, misalnya diroku dan dimall.

2.     Lokasi dekat dengan hunian masyarakat.

2.4       Pelaksanaan Kegiatan

Usaha ini mulai beroperasi mulai pukul 07.00 WIB sampai 20.00 WIB dan pada hari minggu tidak libur. Jam operasi tersebut dipilih karena mulai jam tersebut masyarakat yang telah beraktivitas, sehingga secara tidak langsung akan menambah pengetahuan masyarakat luar yang berlalu-lalang disekitar tempat usaha. Sedangkan waktu selesai operasi, yaitu pukul 20.00 WIB dipilih karena sampai jam tersebut masih banyak orang-orang yang melakukan aktivitas diluar rumah, sehingga membuka peluang untuk dapat menjual barang.

2.5       Pangsa Pasar

Sasaran atau target kami adalah seluruh wanita muslim dari segala usia. Baik yang telah berhijab maupun yang belum. Untuk itu kami memulai promosi dari daerah yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Karena kami menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok.

Selain itu kami merencanakankan untuk membuka toko di sebuah pusat perbelanjaan seperti mall. Selain itu sasaran kami tetap yaitu semua wanita muslim, yang berkunjung ke pusat perbelanjaan tersebut. Untuk itu, kami melakukan promosi di berbagai media, seperti media internet. Selain itu kami juga berencana membuat online shop untuk memasarkan produk yang kami jual, agar mempermudah para konsumen yang ingin memiliki produk yang kami jual tanpa harus berkunjung ke tempat usaha kami.

2.6       Analisis SWOT Pada Hijab Muslimah

Untuk merumuskan strategi pemasaran yang diperlukan Hijab Muslimah dalam rangkaian meningkatkan penjualan dan mencapai tujuan yang dicapai, maka diperlukan adanya analisis SWOT untuk menyusun strategi tersebut. Bedasarkan dari penelitian ini, maka analisis SWOT disusun sebagai berikut :

1.      Analisis Kekuatan Perusahaan (Strenght)

a.   Kami menawarkan suatu produk yang mengangkat nilai keagamaan dan dipadukan dengan unsur keindahan.

b.  Kami memiliki keterampilan untuk melakukan modifikasi motif gambar hijab, dan keahlian memadupadankan jilbab dengan motif gambar hijab.

c.    Bahan baku pembuatan jilbab ini tersedia dengan macam variasi warna dan model serta harga yang tidak terlalu mahal. Serta jenisnya beraneka ragam sehingga dapat meningkatkan model dan variasi hijab

2.      Analisis Kelemahan Perusahaan (Weakness)

a.       Belum memiliki cukup pengalaman 

b.  Keterbatasan sumber daya manusia sebagai produsen atau pengrajin hijab, sehingga dalam menjahit sebuah produk di perlukan keterampilan khusus yang setiap orang tidak bisa melakukannya.

3.      Analisis Peluang Perusahaan (Opportunities)

a.    Banyaknya wanita muslim yang menggunakan hijab. Dengan adanya produk ini akan menambah minat wanita untuk menggunakan hijab.

b.   Pemasaran bisa dibilang cukup mudah, karena kami melakukan pemasaran melalui media social, lingkungan masyarakat maupun segi akses jalan.

4.      Analisis Ancaman Perusahaan (Threats)

a.   Terkadang wanita berjilbab memperhatikan penamilannnya dan sibuk membuat mereka tampil apa adannya

b.      Banyaknya para pesaing hijab yang memiliki brand hijab yang sudah terkenal dimasyarakat. Sehingga masyarakat akan lebih tertarik dengan hijab yang sudah memiliki brand. Serta banyaknya usaha yang sama di luar wilayah.

2.7       Aspek Keuangan
1.      Biaya Peralatan dan Perlengkapan:
Peralatan dan Perlengkapan
Banyak
Satuan Harga
Jumlah Harga
·         Etalase
2 buah
1.000.000
2.000.000
·         Kepala Manekin
8 buah
45.000
360.000
·         Cermin
4 buah
30.000
120.000
·         Hanger Jilbab
3 lusin
10.000
360.000
·         Kursi Plastik
4 buah
30.000
120.000
·         Lampu
4 buah
27.000
108.000
·         Meja
2 buah
35.000
70.000
Total Harga :                                                                              3.138.000

2.      Beban Variabel/ bulan:

·         Sewa Tempat
500.000
·         Biaya transportasi
100.000
·         Biaya gaji pegawai
750.000 x 2 orang = 1.500.000
·         Biaya listrik
150.000
Total
2.250.000

3.      Biaya Pembelian Produk per bulan:

Produk
Satuan Harga
Jumlah Harga
Segiempat Polos
12.000 x 7 lusin
1.008.000
Segiempat Bermotif
15.000 x 6 lusin
1.080.000
Pashmina LV
30.000 x 6 lusin
2.160.000
Pashmina Burberry
30.000 x 6 lusin
2.160.000
Pashmina Selma Mandira
100.000 x 6 lusin
7.200.000
Pashmina Ima Katun
35.000 x 6 lusin
2.520.000
Pasmina Spandek
30.000 x 6 lusin
2.160.000
Pashmina Line Polkadot
30.000 x 8 lusin
2.880.000
Pashmina Kaila Lenisya
70.000 x 6 lusin
5.040.000
Jilbab Ghilda Danef
60.000 x 6 lusin
4.320.000
Jilbab Hodie Zaskia
50.000 x 6 lusin
3.600.000
Jilbab Arabian Hodie
30.000 x 6 lusin
2.160.000
Jilbab Angelin
50.000 x 6 lusin
3.600.000
Total Harga

34.008.000



4.      Produk yang terjual per bulan:

Produk
Banyak
Satuan Harga
Jumlah Harga
Segiempat Polos
80 buah
17.000
1.360.000
Segiempat Bermotif
70 buah
30.000
2.100.000
Pashmina LV
65 buah
40.000
2.600.000
Pashmina Burberry
65 buah
45.000
2.925.000
Pashmina Selma Mandira
68 buah
110.000
7.480.000
Pashmina Ima Katun
65 buah
45.000
2.925.000
Pasmina Spandek
68 buah
40.000
2.720.000
Pashmina Line Polkadot
90 buah
45.000
4.050.000
Pashmina Kaila Lenisya
67 buah
80.000
5.360.000
Jilbab Ghilda Danef
65 buah
70.000
4.550.000
Jilbab Hodie Zaskia
65 buah
60.000
3.900.000
Jilbab Arabian Hodie
70 buah
45.000
3.150.000
Jilbab Angelin
65 buah
60.000
3.900.000
Total Harga

47.020.000

Total Perhitungan Keuntungan Per Bulan

·         Target penjualan per bulan        = Rp. 47.020.000

·         Modal per bulan                        = Rp. 34.008.000

·         Beban variabel per bulan           = Rp. 2.250.000

·         Biaya peralatan                          = Rp. 3.138.000

Kesimpulan perhitungan keuntungan per bulan :

·         Modal Perbulan                            = Rp. 34.008.000

·         Beban variabel per bulan              = Rp.   3.138.000 

·         Beban Biaya Peralatan                  = Rp.   2.250.000 -

·         Total Pengeluaran                         = Rp. 28.620.000

Total keuntungan = Rp. 47.020.000 – Rp. 28.620.000    = Rp. 18.400.000

Jadi, total pendapatan saya dari penjualan hijab adalah Rp. 18.400.000 /bulan.












BAB III

PENUTUP

3.1  Kesimpulan 

Dari proposal usaha ini dapat disimpulkan bahwa membuka usaha penjualan jilbab sangat menguntungkan bagi para usaha yang bergerak dibidang pakaian khususnya jilbab. Peluang membuka usaha jilbab dalam jangka waktu yang panjang sangatlah baik dan mudah untuk dikembangkan. Usaha kami bertujuan untuk membantu para muslim untuk menggunakan jilbab, karena sudah sepatutnya wanita muslim harus menggunakan hijab yang dapat menutup bagian wanita selain itu usaha ini dapat menjaring tenaga kerja untuk mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia.
 
3.2  Saran

Model jilbab yang terus berubah dapat menyebabkan jilbab model sebelumnya menjadi kurang diminati oleh masyarakat sehingga tingkat penjualannya pun menurun. Untuk itu dalam kegiatan pembelian barang dagangan harus selalu mengikuti trend terkini sehingga tidak akan terjadi penumpukan barang dagang yang belum terjual.

Agar pelaksanaan suatu usaha dapat berjalan lancar, maka kami mempunyai beberapa saran, yaitu:
1.      Percaya dan yakin bahwa usaha bisa di laksanakan.

2.      Pandai berkomunikasi.

3.      Mempunyai etos kerja yang tinggi.

4.      Mau mendengarkan kritik dan saran dari orang lain.

5.      Tidak mudah putus asa.

6.      Mampu menghasilkan produk yang berkualitas.

7.      Mengutamakan kepuasan pelanggan.

8.      Disiplin,bertanggung jawab,kreatif dan inovatif.








DAFTAR PUSTAKA





http://hijabmingka.blogspot.co.id/2016/02/usaha-hijab.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Etika Bisnis "Hijab Collection"

Tugas Softskill Komunikasi Bisnis "Bikin Soal 15 PG tentang Komunikasi Bisnis"