Tugas Softskill "Etika Bisnis"
Nama : Khansa Intan Khairani
Npm : 15214855
Kelas : 3EA36
Tugas : Membuat opini dari hasil diskusi Mata Kuliah
Softskill : “Etika Bisnis”
Opini yang diambil : Norma Dan Etika Dalam Pemasaran
Menurut saya, Di dalam
persaingan dunia usaha yang sangat kompetitif ini, etika bisnis merupakan
sebuah harga yang tidak dapat ditawar lagi. Perilaku bisnis berdasarkan etika perlu diterapkan
meskipun tidak menjamin berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan, akan tetapi
setidaknya akan menjadi rambu-rambu pengaman apabila terjadi pelanggaran etika
yang menyebabkan timbulnya kerugian bagi pihak lain. Masalah pelanggaran etika yang sering muncul antara lain, dalam hal
mendapatkan ide usaha, memperoleh modal, melaksanakan proses produksi,
pemasaran produk, pembayaran pajak, pembagian keuntungan, penetapan mutu,
penentuan harga, pembajakan tenaga profesional, penguasaan pangsa pasar dalam
satu tangan, persengkokolan, penekanan upah buruh dibawah standar, produksi dan
pemasaran dan sebagainya. Ketidaketisan perilaku berbisnis dapat dilihat
hasilnya, apabila merusak atau merugikan pihak lain.
Perilaku
tidak etis dalam kegiatan bisnis sering juga terjadi karena peluang-peluang
yang diberikan oleh peraturan perundang-undangan yang kemudian disahkan dan
disalah gunakan dalam penerapannya dan kemudian dipakai sebagai dasar untuk
melakukan perbuatan-perbuatan yang melanggar etika bisnis. Agar suatu perusahaan atau bisnis dapat mencapai
tujuannya secara kontinu dengan dukungan masyarakat luas, maka manajemen
perusahaan harus menjaga efektivitas interaksi yang berlangsung antara
perusahaan dan konsumen dan stakeholder-nya
dengan cara-cara yang berdasarkan niali-nilai dan norma-norma etika bisnis.
Pada hakikatnya etika
merupakan bagian integral dalam bisnis yang dijalankan secara profesional.
suatu bisnis akan tetap
berkesinambungan dan secara terus-menerus benar-benar menghasilkan keuntungan,
jika dilakukan atas dasar kepercayaan dan kejujuran. suatu bisnis dalam perusahaan akan berlangsung bila
bisnis itu dilakukan dengan memberi perhatian kepada semua pihak dalam
perusahaan (stake holders-approach).
Komentar
Posting Komentar